Kalau presentasi kalian harus memastikan orang lain mampu menangkap segala ide, pesan dan gagasan kalian dengan baik. Sebagus apapun ide dan karya kalian kalau kalian tidak mampu untuk mempresentasikan dengan jelas dan meyakinkan maka semua akan percuma. Jadi hal-hal apa saja sih yang harus dihindari dan disarankan ketika kalian presentasi nanti.
Dihindari menggunakan bahasa SLANG (istilah tidak umum dan hanya dapat dimengerti oleh khalayak tertentu)
Disarankan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Selain lebih santun dan profesional, ini memastikan para pendengar mampu menyerap informasi dengan baik
Dihindari menggunakan cerita secara berlebihan apalagi kalau tidak memiliki korelasi penting dengan materi
Disarankan singkat padat dan jelas yang penting jaga agar penjelasan kalian singkat padat dan jelas
Dilarang terburu-buru, pelafalan kata tidak jelas. Dihindari terburu-buru dalam menyampaikan sehingga membuat pendengar sulit mengerti apa yang anda sampaikan
Disarankan melafalkan tiap kata dengan jelas dan tenang pastikan para pendengar mampu memahami setiap kata dalam ucapan kalian dengan baik
Hindari terlalu banyak bersuara waktu berpikir.
Disarankan jangan takut diam dan berpikir tidak usah terlalu tergesa-gesa dalam menyambung kalimat.
Din dari gestur tubuh yang loyo sehingga kalian tampak tidak bersemangat dalam menyampaikan presentasi
Disarankan gestur tubuh yang tegap
Hal ini membuat kalian profesional dan antusias dalam melakukan presentasi. Disamping kalian harus menghindari dan memperhatikan larangan yang harus dihindari dalam menyampaikan presentasi, kalian juga harus memperhatikan teknik atau cara membuka presentasi dengan menarik dan meyakinkan.
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang teknik-teknik dalam membuka sebuah presentasi saya menjelaskan terlebih dahulu apa sebenarnya fungsi dari sebuah pembukaan dalam sebuah presentasi.

FUNGSI YANG PERTAMA

Fungsi yang pertama adalah untuk menjelaskan tujuan anda pembukaan presentasi difungsikan untuk memberitahu kepada audiens apa yang bisa mereka dapatkan dari sesi presentasi tersebut.

FUNGSI YANG KEDUA

Fungsi yang kedua dari pembukaan adalah untuk memberikan gambaran umum atau gambaran besar tentang apa saja yang akan anda bahas, berapa lama waktu yang anda pakai, mana yang akan di diikutsertakan dan mana yang tidak dalam presentasi anda.

FUNGSI YANG KETIGA

Fungsi yang ketiga adalah sebuah pembukaan juga memiliki fungsi untuk memotivasi audiens dan menciptakan daya tarik sehingga mereka berkeinginan untuk menyaksikan presentasi anda dari awal sampai akhir.
Nah sekarang setelah anda mengetahui bahwa pembukaan presentasi memiliki fungsi yang sangat penting maka dari itu anda harus membuat pembukaan presentasi anda yang menarik mungkin sehingga dapat diingat oleh audiens.

Berikut adalah teknik dalam membuka presentasi

1. Anda harus menjelaskan maksud dan tujuan presentasi

Setiap presentasi pasti memiliki maksud dan tujuannya oleh karena itu dalam pembukaan anda sampaikan apa yang menjadi maksud anda apa tujuan dan apa yang akan diperoleh oleh audiens di akhir sesi presentasi.

2. Maksud dan tujuan pertanyaan 

Contoh : “rekan-rekan sekalian tau nggak bagaimana cara presentasi yang baik dan benar?” ketika anda mengajukan pertanyaan maka respon alami dari audiens adalah mereka akan berpikir untuk mencari tahu jawabannya, karena mereka berpikir maka audien pun akan terlibat kedalam topik presentasi anda mereka akan fokus mendengarkan dan mereka ingin tahu jawabannya apa dan mereka ingin mengalami apa yang selanjutnya akan anda jelaskan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

3. Menggunakan cerita

Anda bisa mengambil kisah atau cerita yang relevan dengan topik presentasi anda, mengangkat kisah tersebut dan menghubungkan ke materi apa yang anda presentasikan.

0 Komentar