Kamu tahu nggak sih kalau merokok itu dapat menyebabkan keriput pada wajah kamu dan menyebabkan penuaan dini. karena merokok dapat menyebabkan penyempitan di pembuluh darah kecil di lapisan luar kulit kita sehingga menurunkan aliran darah yang dapat menyebabkan kulit kering dan tampak tidak cerah, selain itu merokok dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin wajah. Sehingga membuat kulit tampak kurang elastis.

Kita semua kenal dengan yang namanya rokok, dan bagaimana semua orang bilang tentang bahaya merokok tapi sebenarnya bagaimana sih rokok mempengaruhi badan kita. Coba kita ketahui komponen-komponennya

1. Nikotin

Nikotin adalah suatu zat yang bisa bikin kita kecanduan. Ini adalah alasan utama mengapa semua orang tidak bisa berhenti merokok, bahkan dia adalah alasan mereka yang berniat berhenti merasa tidak nyaman dan akhirnya ditarik lagi. Selain nikotin ada sekitar 7000 bahan kimia lainnya yang terlibat di dalam proses pembakaran satu batang rokok di mana di antaranya ada beberapa yang akan menjadi aktif dan dapat merusak badan kita. Terlebih lagi terdapat 60 bahan kimia diantaranya yang diketahui dapat mengakibatkan kanker. Dari sini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa merokok dapat merusak berbagai macam organ tubuh kita dan secara umum menurunkan kondisi kesehatan.
Sekarang banyak dijual di toko-toko, restoran pemakaiannya pun beragam mulai dari anak-anak sampai dewasa. Itu karena nikotin yang membuat mereka kecanduan dan tidak bisa berhenti. 

2. Benzena

bisa merusak tulang sumsum membahayakan organ reproduksi serta menurunkan jumlah sel darah merah dalam darah kamu. Dan masih banyak lagi bahan kimia lainnya yang dapat merusak tubuh kita.
Berikut adalah dampak merokok untuk tubuh kita: penyakit paru-paru, jantung, kanker, kebutaan adalah segelintir hasil akhir dari merokok yang sudah banyak diketahui. Sadarkah kamu kalau ternyata merokok bisa mengakibatkan dampak buruk lainnya pada penampilan dan dari ujung kepala sampai ujung kaki.

1. Kebotakan dan perubahan warna rambut

Siapa bilang sih rambut rontok hanya disebabkan oleh stres dan salah dalam mewarnai rambut, faktanya menghisap batang rokok setiap hari juga dapat merusak kesehatan rambut kamu lho ini karena rokok mengandung zat kimia beracun dan radikal bebas yang akan melemahkan sel-sel rambut selain dapat mengubah warna rambut dan gampang rontok rokok juga cenderung lebih mengubah warna rambut dibanding orang yang tidak merokok.

2. Keriput dan kantung mata

Mayoritas perokok lebih susah tidur nyenyak dibandingkan yang tidak merokok, bahkan jika kamu merokok maka waktu tidur harian kamu biasanya juga kurang optimal, lambat laut hal ini akan mengakibatkan timbulnya efek samping khas kurang tidur yakni kantung mata dan lingkaran gelap di sekitar mata, tidak berhenti sampai di situ saja ya bahan kimia yang terdapat dalam setiap batang rokok mudah merusak kulit sekaligus pembuluh darah disekitar mata kamu.

3. Gigi kuning

seperti kandungan sebagai efek samping yang paling parah akan tetapi jangan remehkan perubahan awal pada tampilan gigi ketika kamu merokok maka akan mempunyai 6 resiko lebih besar untuk mengalami penyakit gusi jika tidak dicegah atau diobati sendiri mungkin masalah pada gusi bisa mengakibatkan kerusakan pada gigi hingga gigi copot.

4. Kulit kusam 

Sebelum menyalahkan matahari sebagai penyebab kulit kusam, bahwa kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, merokok secara tidak langsung akan menyerap nutrisi penting dalam tubuh seperti vitamin c yang seharusnya berfungsi untuk melindungi sekaligus memperbaiki kulit yang rusak. Kandungan nikotin nyatanya juga bisa menghalangi laju aliran darah dan karbon monoksida dalam asap rokok yang dengan mudahnya bercampur bersama oksigen di dalam kulit itu akan menyebabkan kulit kusam. dan masih banyak faktor-faktor lainnya yang dapat merusak tubuh kita.

Tapi mengapa perokok bisa tetap sehat walaupun usianya sudah 60 tahun 70 tahun padahal dia seorang yang gila merokok?
 itu karena faktor-faktor resiko lainnya bukan cuma rokok yang membuat anda jatuh sakit seperti tidak menjaga berat badan, pola makan kurang sehat, pola tidur tidak teratur, stress, polusi udara, kurang olahraga. Tapi mengapa perokok kadang bisa berumur panjang? mungkin mereka hanya melanggar salah satu atau dua diantara beberapa faktor tersebut, dia merokok tetapi dia melakukan aktivitas jogging setiap hari dan memakan makanan yang bergizi, tubuhnya tampak begitu sehat tetapi bila tidak merokok itu akan lebih baik daripada dia harus merokok jadi mulai dari sekarang berhentilah merokok meskipun itu sulit tetapi tetap diusahakan dikurangi sedikit demi sedikit, solusinya katika kita ingin sekali merokok maka anda bisa mencegah dengan memakan permen karet sebagai pengganti merokok atau sebagai pencegah supaya anda tidak merokok lagi InsyaAllah dengan memakan permen karet saat anda kepingin merokok maka sedikit demi sedikit akan menghilangkan kebiasaan buruk merokok.

0 Komentar